Format Permohonan Isbat Nikah oleh Kuasa Hukum

Format Permohonan Dispensasi Nilah Oleh Kuasa Hukum
30/08/2019
Format Surat Gugatan Hak Asuh Anak
05/09/2019

Format Permohonan Isbat Nikah oleh Kuasa Hukum

Bekasi………
Ketua Pengadilan Agama Bekasi
Di
Bekasi.
Perihal : Permohonan Itsbat Nikah

Assalamu’alaikum, wr. wb
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Drs. H. Syahrul, SH, MH, Advokat pada Kantor Advokat dan Konsultan Hukum ARS & Rekan, beralamat di Perumahan Taman Cikas Blok C 18 Nomor 9 Pekayon Jaya Bekasi Selatan, berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal……… (terlampir) bertindak untuk dan atas nama :
1. …………….. bin………, Umur…. tahun, Agama Islam, Pekerjaan …………., Tempat kediaman di Jalan… …………… Nomor…, RT.., RW…., Kelurahan ……., Kecamatan Bekasi………, Kota Bekasi
Untuk selanjutnya disebut sebagai………………………………. PEMOHON I
2. ……………… binti…….., Umur…. tahun, Agama Islam, Pekerjaan…………., Tempat kediaman di Jalan …………… Nomor…, RT…, RW…., Kelurahan……….. Kecamatan Bekasi………, Kota Bekasi
Untuk selanjutnya disebut sebagai…………………………………PEMOHON II
Pemohon I dan Pemohon II selanjutnya disebut sebagai Para Pemohon
Dengan ini Para Pemohon ( Pemohon I dan Pemohon II )hendak mengajukan permohonan Itsbat Nikah ke Pengadilan Agama Bekasi dengan alasan/ dalil-dalil sebagai berikut :
1. Bahwa Para Pemohon ( Pemohon I dan Pemohon II ) telah belangsungkan perrnikahan pada tanggal……… di Jalan …………… Nomor…., RT…, RW…., Kelurahan…………., Kecamatan Bekasi…….., Kota Bekasi, dengan wali nikah ayah kandung Para Pemohon (Pemohon II), bernama………. bin………., dengan mahar berupa uang tunai Rp……….. yang telah dibayar tunai oleh Para Pemohon ( Pemohon I) dan yang menjadi munakih ( yang menikahkah) adalah ……………. dengan disaksikan oleh Saudara dan kerabat dekat Para Pemohon ( PemohonI dan Pemohon II)
2. Bahwa pernikahan Para Pemohon ( Pemon I dan Pemohon II ) tidak tercatat di register pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Bekasi………., Kota Bekasi, dimana Para Pemohon Menikah.
3. Bahwa setelah akad nikah hingga permohonan ini diajukan Para Pemohon ( Pemohon I dan Pemohon II ) tidak pernah mengurus akta nikah tersebut.
4. Bahwa dari pernikahan tersebut, Para Pemohon ( Pemohon I dan Pemohon II) telah dikarunia … anak, yang bernama ……….., lahir pada tanggal………, bulan……., tahun…….
5. Bahwa Para Pemohon ( Pemohon I dan Pemohon II) sangat memerlukan Itsbat nikah ini untuk kepastian hukum dan untuk pengurusan akta kelahiran anak dan kepentingan hukum lainnya.
6. Bahwa untuk kepastian hukum dan tertib administrasi kepenudukan sebagaimana dimaksud pada Pasal 34 ayat (1) ayat (2) dan ayat (4) Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, maka Para Pemohon akan melaporkan Penetapan Pengadilan atas perkara ini kepada Instansi Pelaksana dalam hal ini Kepada Kantor Urusan Agama Kecamatan Bekasi………., Kota Bekasi, dimana Para Pemohon melangsungkan Pernikahan untuk dicatat dalam daftar yang disediakan untuk itu
7. Bahwa Para Pemohon sanggup untuk membayar biaya perkara

Berdasarkan uraian-uraian / alasan-alasan tersebut diatas Para Pemohon, memohon, agar Ketua Pengadilan Agama Bekasi Cq. Majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini, selanjutnya berkenaan untuk memberikan penetapan yang amarnya berbunyi sebagai berikut :
a. Mengabulkan permohonan Para Pemohon
b. Menyatakan sah perkawinan Para Pemohon (……………., bin………..) dan (………….binti…………) yang dilangsungkan pada tanggal………. di………….
c. Memerintahkan kepada Para Pemohon untuk melaporkan penetapan ini kepada Kantor Urusan Agama Kecamatan Bekasi………, Kota Bekasi, untuk dicatat dalam daftar yang disediakan untuk itu
d. Membebankan biaya perkara sesuai hukum
Apabila Majelis Hakim berpendapat lain mohon putusan yang seadil-adilnya
Demikian permohonan Itsbat nikah ini diajukan, atas perkenaannya diucapkan terima kasih
Hormat kami,
Kuasa Hukum Para Pemohon

Drs. H. Syahrul, SH, MH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *